TPBPI Poliven Gelar Uji Kompetensi

2019-11-15  09:00:00


Targetkan peningkatan kapasitas lulusan dan sumberdaya manusia aceh, Politeknik Indonesia Venezuela (Poliven) gelar uji kompetensi. Poliven termasuk pendidikan vokasi yang mencetak sumber daya manusia terampil yang sangat dibutuhkan dunia industri. Karena itulah, uji kompetensi sebelum kelulusan menjadi sebuah keharusan.

Kegiatan itu dilakukan dengan tiga judul skema. Yaitu, pembenihan ikan, pembesaran udang, dan pengolahan hasil perikanan. Semua kegiatan dilakukan di kampus Poliven dan bekerjasama dengan TUK Unsyiah dan badan nasional sertifikasi profesi (BNSP). Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tgl 14/11/2019.

Pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dengan pengujian kompetensi dilakukan sebanyak 80 sesi, selain mahasiswa poliven kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa perguruan tinggi d banda Aceh, masayarakat umum yg berprofesi sebagai pembudidaya ikan dan udang, Direktur Poliven Reza Salima, SP., MP menjelaskan, Uji Kompetensi merupakan pengakuan akan pengetahuan, ketrampilan dan sikap terhadap bidang keahlian sesuai skema yang telah ditetapkan dan dilisensi oleh BNSP.

Saat ini, Lulusan yang sudah tersertifikasi, akan mempunyai daya saing yang lebih tinggi baik di industri, pemerintahan dan masyarakat. Sehingga akan lebih siap untuk mengantarkan lulusan poliven menuju era disrupsi teknologi. Setelah melakukan uji kompetensi nantinya, mahasiswa akan dinyatakan kompeten atau belum kompeten. Sertifikat kompetensi nantinya sebagai sertifikat pendamping ijasah. Uji Kompetensi berperan untuk menjamin tercapainya tujuan pembinaan dan pengembangan SDM yang kompeten sebagaimana yang diinginkan. Pengakuan akan kompetensi SDM, dapat dipergunakan sebagai acuan pelatihan kerja dan sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh unsur pemangku kepentingan.

Kami akan konsisten menyelenggarakan uji kompetensi. Khususnya bagi mahasiswa Poliven sebelum mereka lulus, tandas Nurhatijah, S.Pi., M.Si selaku Ketua Program Studi teknologi produksi benih dan pakan ikan (TPBPI) Poliven. Sehingga diharapkan setiap mahasiswa selain memiliki ijazah juga memiliki sertifikat kompetensi.

Doc: nkh.

BERITA TERKINI