Kegiatan Praktek Teknik Pembuatan Pelet

2020-02-06  09:00:00


Politeknik Indonesia Venezuela (POLIVEN) kembali menerima kunjungan siswa praktek.

Pada kesempatan ini siswa yg datang adalah rombongan dari SMK UMMUL AYMAN 2 Pidie Jaya, sebanyak 25 orang dan guru pendamping 3 orang. Seluruh siswa dan guru pendamping disambut langsung oleh Bapak Reza Salima SP., MP selaku Direktur Poliven dan didampingi oleh Nurhatijah, S.Pi., M Si selaku Ketua Program Studi Teknologi Produksi Benih dan Pakan Ikan.

Acara pembukaan kegiatan praktek ini dilaksanakan di gedung TPBPI dan dihadiri oleh para Wadir dan Ka Biro yang ada di lingkungan Poliven. Dalam kata sambutan Direktur yg diwakili oleh Bapak Ir Faisal Ishak, MM. Menyampaikan bahwa Program Praktek Lapangan ini akan rutin diselenggarakan oleh Poliven dalam rangka memantapkan para siswa untuk mengaplikasikan ilmu teori di lapangan. Dengan demikian siswa akan terbiasa untuk bertindak atau melakukan kegiatan. Dengan demikian skill dasar meraka akan mantap dalam menghadapi dunia kerja.

Kedepan semua SMK akan dijadwalkan untuk melakukan praktek di Poliven secara bergantian. Mengawali sambutannya Ketua Program Studi menyampaikan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh semua siswa. Praktek pembuatan pakan ini membutuhkan kedisiplinan yang tinggi karena kita menggunakan mesin- mesin yg aktif. Oleh sebab itu siswa tidak dibenarkan bertindak diluar perintah.

Tahap pertama dalam praktek pembuatan pakan ikan ini adalah, menentukan jenis Biota, menentukan kadar protein (persen protein) pakan, menentukan jenis dan jumlah bahan baku pakan yang akan digunakan. Secara langsung dan mandiri siswa melakukan penimbangan bahan baku, pengadukan bahan baku dan pencetakan pakan pelet. Hasil yang di peroleh dari praktek ini adalah pakan ikan air tawar dengan kadar protein 32-35 % banyak lebih kuarang 10 kg.

BERITA TERKINI