Penggunaan Teodolit

2014-05-09  15:27:10


Bertempat di lahan praktikum yang berlokasi di lahan belakang kampus Poliven, para mahasiswa prodi Pengelolaan Perkebunan (PP) semester IV tahun 2013/2014 sebanyak 17 orang mahasiswa telah melakukan serangkaian kegiatan praktikum mata kuliah Teknik Konservasi Tanah dan Air yang dibimbing langsung oleh Dosen Pengampu mata kuliah tersebut.

Kegiatan praktikum ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang penggunaan Teodolit untuk menentukan sudut lereng (slope), elevasi tempat sebagai data awal untuk merencanakan teknik/metode konservasi yang akan diterapkan di lapangan sesuai dengan azas-azas Konservasi Tanah dan Air.

Setelah melakukan pengumpulan data lapangan kegiatan selanjutnya yaitu melakukan pengolahan data untuk menentukan persentase lereng dan derajad kemiringan lereng atau lahan, sehingga pada akhirnya dapat dilakukan klasifikasi klas lereng yang ada di lapangan. Pada akhirnya para mahasiswa diarahkan untuk menganalisis metode konservasi apa dan bentuk usaha tani bagaimana yang sesuai diterapkan pada lahan yang telah disurvey.

Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi para mahasiswa pengelolaan perkebunan Poliven.

Doc: Lukman Martunis

Penggunaan Teodolit Penggunaan Teodolit

KEGIATAN MAHASISWA