Pemetaan SMK Berbasis Pertanian, Peternakan dan Perikanan di Provinsi Aceh

2014-07-03  14:02:56


Dalam kerangka pembangunan pertanian, perikanan dan peternakan, semua komponen sepakat bahwa keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memegang peranan penting bagi kemajuan pendidikan itu sendiri dan keinovatifan pertanian serta melahirkan tenaga terampil di bidangnya. Namun dalam implementasinya, keberadaan SMK belum mampu berkembang secara optimal dan mandiri dan lulusannya sendiri masih banyak yang belum terserap di dunia usaha dan industri (DU/DI). Perubahan kurikulum, kebijakan politik dan tingkat perkembangan ekonomi dalam negeri juga sering memberi dampak yang negatif bagi perkembangan SMK itu sendiri.

Beberapa bukti memperlihatkan bahwa SMK juga telah mampu berperan dalam memajukan dunia pertanian, perikanan dan peternakan. Sektor pertanian dulunya pernah bersinar dan mampu swasembada pangan (tahun 1983-1984) salah satunya disebabkan optimalisasi peran lembaga pendidikan termasuk salah satunya keberadaan SMK terutama dalam menghasilkan dan mendidik tenaga penyuluh pertanian melalui program BIMAS. Namun seiring dengan pergeseran kebijakan politik pertanian, perikanan, dan peternakan maka perhatian pemerintah ke sektor pendidikan terutama peranan SMK sering diabaikan dan hanya dijadikan instrumen bagi kepentingan instansi terkait. Efektivitas dan keberadaan SMK dinilai berada pada dititik terendah dalam kancah pembangunan pertanian, perikanan dan peternakan saat ini, sehingga konsekuensinya perlu revitalisasi SMK dengan melibatkan berbagai pihak.

Secara umum tujuan keberadaan lembaga pendidikan SMK pertanian, perikanan, dan peternakan adalah mengubah perilaku para pelaku dan para lulusan agar menjadi kompeten sehingga mampu mengembangkan usaha pertanian yang tangguh, bertani lebih baik (better farming), berusaha tani lebih menguntungkan (better bussines), hidup lebih sejahtera (better living) dan lingkungan lebih sehat (better environtment). Berdasarkan kualifikasi diatas, diharapkan lulusan SMK mampu bekerja sesuai keahlian pada DU/DI.

Praktisi SMK pertanian, perikanan, dan peternakan dituntut agar mampu menggerakkan masyarakat, memberdayakan petani - petani tambak dan nelayan, peternak, pengusaha pertanian dan pedagang pertanian, serta mendampingi mereka untuk: (1) membantu menganalisis situasi-situasi yang sedang dihadapi dan melakukan prediksi ke depan; (2) membantu menemukan masalah; (3) membantu memperoleh pengetahuan/informasi guna memecahkan masalah; (4) membantu mengambil keputusan, dan (5) membantu menghitung besarnya risiko atas keputusan yang diambilnya.

atas keputusan yang diambilnya. Keberhasilan SMK pertanian, peternakan, dan perikanan dapat dilihat dengan indikator banyaknya petani - petani tambak dan nelayan, peternak, pengusaha pertanian, peternakan dan perikanan dan pedagang pertanian, perikanan dan peternakan yang mampu mengelola dan menggerakkan usahanya secara mandiri, ketahanan pangan yang tangguh, tumbuhnya usaha pertanian skala rumah tangga sampai menengah berbasis komoditi unggulan di desa.

Selanjutnya usaha tersebut diharapkan dapat berkembang mencapai skala ekonomis. Semua itu berkorelasi pada keberhasilan perbaikan ekonomi masyarakat, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, yang nantinya akan bermuara pada peningkatan pendapatan daerah.

Sehubungan dengan kurangnya efektivitas dan keberadaan SMK di bidang pertanian, perikanan dan peternakan yang ada selama ini dikaitkan dengan pencapaian tujuan dan harapan keberhasilan dari SMK itu sendiri, maka diperlukan langkahlangkah bagi pengembangan SMK Model di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan di atas, maka diperlukan kajian pemetaan SMK untuk pengembangan SMK Model di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan di Aceh yang mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional.

Pemetaan SMK Berbasis Pertanian, Peternakan dan Perikanan di Provinsi Aceh

Reza Salima *1, Yassier Anwar *1

Unduh e-Book Jurnal melalui link di bawah ini.
e-Book: Pemetaan SMK Berbasis Pertanian, Peternakan dan Perikanan di Provinsi Aceh

PENELITIAN